Cara Pindah Faskes BPJS Kesehatan

Cara pindah faskes BPJS Kesehatan sepertinya sangat penting untuk kalian ketahui. Faskes atau fasilitas kesehatan merupakan tempat untuk berobat terutama untuk mereka peserta BPJS sesuai pilihan saat mendaftarkan program tersebut. Faskes juga bisa berupa puskesmas, klinik atau rumah sakit.

Para peserta harus berobat terlebih dahulu di faskes di tingkat pertama. Jika diperlukan penanganan yang serius lagi, maka dapat dirujuk pula ke faskes ke tingkat selanjutnya. Bahkan hal ini bisa dilakukan oleh siapa saja.

Faskes yang diberikan memang akan membantu banyak orang untuk berobat maupun menyembuhkan sebagian penyakit tertentu. Meski demikian ada beberapa persyaratan yang perlu kita jalani dulu sebelum menggunakan kartu tersebut.

Cara Pindah Faskes BPJS Kesehatan

Cara Pindah Faskes BPJS Melalui Offline Maupun Online Paling Mudah
theconversation.com

Setiap pengguna pada dasarnya memang memiliki kewajiban dan atau hak untuk pindah faskes. Tetapi, BPJS Kesehatan hanya bisa memberikan satu kali kesempatan bagi seseorang yang ingin menggantinya.

Maka dari itu sangat penting untuk mempertimbangkan serta memilih Fasilitas Kesehatan yang tepat dan sesuai. Hal ini mengingat karena di masa yang akan datang tidak boleh lagi untuk pindah ke faskes lain. Ada beberapa alasan mengapa seseorang pindah Fasilitas Kesehatan, seperti:

  1. Peserta tidak mendapatkan pelayanan yang baik di faskes yang mereka pilih.
  2. Fasilitas yang mereka pilih dalam tingkat pertama kurang tepat dan tidak sesuai ekspektasi.
  3. Tidak tersedianya fasilitas maupun alat kesehatan yang bagus, sehingga tidak sesuai harapan peserta.
  4. Faskes yang mereka pilih ternyata sangat jauh dari domisili aslinya.
  5. Kondisi peserta harus pindah tempat atau hunian rumah.

Nah, bagi kalian yang ingin segera mengubahnya mulai sekarang tidak perlu khawatir tidak bisa melakukannya. Sebab banyak cara yang dapat kalian lakukan bisa secara offline maupun online yang sudah icinc.id rangkum berikut ini.

1. Melengkapi Data Pribadi

Sebelum mengetahui cara pindah faskes BPJS dan jika baru kali pertamanya untuk mendaftarkan, maka harus segera melengkapi data pribadinya. Selain itu pihak BPJS sendiri juga akan meminta peserta agar memilih faskes yang dekat dengan rumah mereka.

Pemilihannya mulai dari faskes tingkat 1, misalnya seperti puskesmas, kelurahan kecamatan maupun klinik dan dokter praktek. Pengertian faskes tingkat 1 merupakan tempat pertama yang wajib untuk kalian datangi untuk berobat dan penanganan pertama.

Pada faskes ini pula, maka kalian nanti akan memperoleh rujukan atau surat pengantar rumah sakit apabila penyakit yang kalian derita cukup serius. Sehingga sangat layak untuk mendapat pelayanan serta fasilitas penunjang yang lengkap.

Jika kalian pindah tempat tinggal, jadi jarak antara rumah dengan faskes yang akan didaftarkan dari awal juga tidak sedekat sebelumnya. Hal ini lah yang membuat para peserta BPJS harus segera mengganti faskes lebih dekat dengan rumahnya.

Meski demikian, sebagian orang justru enggan untuk segera melakukan perubahan dari data BPJS mereka. Karena mereka beranggapan bahwa prosesnya akan sulit dan berpikiran tidak bisa.

2. Persyaratan Lengkap

Cara pindah faskes BPJS agar bisa kalian lakukan, maka kalian harus bisa memenuhi syarat-syaratnya terlebih dahulu. Salah satu syarat yang wajib kalian penuhi adalah harus aktif dalam menjadi anggota dari BPJS minimal 3 bulan.

Jika kalian tidak memenuhi syarat tersebut, maka kalian tidak akan diperbolehkan untuk melakukan pindah faskes. Akan tetapi, perubahannya memang bisa kalian lakukan walaupun belum terdaftar selama 3 bulan namun dengan beberapa kondisi.

Kondisi tersebut, kalian pindah domisili dengan cara melampirkan rujukan atau surat keterangan domisili. Selain itu, juga harus melakukan pelatihan atau penugasan dengan cara melampirkan surat keterangan pula.

Sementara itu, kalian juga wajib untuk melampirkan beberapa dokumen sebagai persyaratan nya. Seperti kartu BPJS Kesehatan, KTP yang masih berlaku, KK, bukti bayar hingga bulan pelaporan apabila ingin pindah faskes. Bagi TNI, POLRI, PNS dan pegawai lain harus menyertakan juga daftar kolektif gaji dan fotokopi buku rekening.

3. Pindah Faskes Secara Offline

Cara pindah faskes BPJS yang pertama untuk kalian lakukan adalah dengan cara manual atau offline dan ini menjadi pilihan yang sesuai. Nah, untuk bisa melakukannya secara offline, kalian bisa langsung segera mengurus pemindahan di kantor BPJS.

Bahkan langkah-langkah yang harus kalian tempuh sangat mudah dan tidak ribet. Dokumen yang harus kalian bawa adalah seperti KTP, kartu BPJS, Surat Keterangan Domisili, KK dan surat keterangan kerja.

Pertama kalian bisa langsung datang ke kantor BPJS Kesehatan yang dekat dengan tempat tinggal kalian. Selanjutnya, ambil formulir untuk penggantian faskes yang sudah tersedia pada loket perubahan data. Segera isi formulir tersebut yang lengkap dan sesuai data pribadi kalian masing-masing.

Kembalikan formulir tersebut yang sudah ditandatangani dengan dokumen yang kalian bawa tadi kepada petugas BPJS kalian. Tunggu sampai nama kalian akan dipanggil petugas.

4. Pindah Faskes Secara Online dengan Aplikasi

Saat ini BPJS Kesehatan sudah memiliki sebuah aplikasi yang bernama Mobile JKN atau Jaminan Kesehatan Nasional. Ini sangat berguna untuk memudahkan para pengguna dalam mengakses semua informasi mengenai BPJS, riwayat pelayanan, pendaftaran dan lain sebagainya.

Cara pindah faskes BPJS dengan mudah, kalian bisa saja memanfaatkan aplikasi tersebut dan melakukan perubahan data. Tentunya cara seperti ini jauh lebih mudah karena kalian tidak harus pergi ke kantor BPJS-nya langsung.

Langkah pertama yang perlu kalian lakukan adalah dengan mengunduh dan instal aplikasi Mobile JKN di HP Android kalian. Bisa melalui App Store maupun Play Store, dan kalian tinggal pilih sesuai keinginan.

Setelah berhasil terinstal, selanjutnya kalian bisa langsung membuka aplikasi tersebut dan segera mendaftarkan diri kalian. Kalian bisa memasukkan beberapa data-data penting seperti nomor BPJS, KTP, email dan lain sebagainya.

Jika akun yang kalian lakukan sudah berhasil dibuat, maka segera login saja menggunakan nomor BPJS yang tadi sudah terdaftar. Kalian bisa memilih opsi Ubah Data Peserta dan pilih lah untuk faskes tingkat 1.

Pastikan bahwa kalian akan mengganti faskes maka kalian akan akan melihat pop up yang mana berisi kabupaten, provinsi maupun faskes tingkat 1. Nah pada saat itulah untuk cara pindah faskes BPJS kalian bisa langsung memilih sesuai domisili tempat tinggal kalian.

Setelah kalian memilihnya, tunggu beberapa saat sampai kalian mendapat kode verifikasi yang akan dikirimkan melalui nomor ponsel atau email. Setelah berhasil diverifikasi, maka kalian dapat langsung menerima konfirmasi dari perubahan data tersebut.

– Keunggulan Menggunakan Aplikasi

Ketika kalian menggunakan aplikasi Mobile JKN pasti akan mendapatkan banyak keuntungan. Sebab, dalam aplikasi tersebut terdapat banyak fitur terbaru yang memudahkan kalian untuk melakukan apa saja.

Sehingga kalian juga tidak harus mencari lagi mengenai informasi tentang perawatan atau pengobatan yang kalian butuhkan. Cukup dengan membuka aplikasi tersebut, kalian bisa langsung mendapat segala informasi yang jauh lebih lengkap lagi.

Mulai dari pembayaran bulanan, fasilitas kesehatan dan masih banyak lagi yang akan memudahkan kalian. Seperti masa pandemi Covid-19 yang belum berakhir ini dan mengharuskan kita untuk selalu menjaga jarak. Sehingga cara pindah faskes BPJS secara online jauh lebih aman, nyaman dan menguntungkan. Simak yang ini cara pinjaman online langsung cair yah guys.