Cara Mengurus Surat Cerai

4 min read

Cara mengurus surat cerai tentunya menjadi suatu hal yang sangat penting bagi kalian yang ingin cerai. Kata cerai bukan merupakan suatu hal yang asing lagi bagi masyarakat Indonesia.

Cerai sendiri seharusnya tidak diucapkan dalam membina rumah tangga. Karena, hal tersebut bukanlah suatu hal yang baik. Bahkan, tidak seharusnya menjadi pilihan dalam menyelesaikan masalah rumah tangga.

Akan tetapi, jika hal tersebut sudah menjadi pilihan dan keputusan, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Cara Mengurus Surat Cerai yang Benar

Cara Mengurus Surat Cerai
theasianparent.com

Perceraian tentunya menjadi mimpi terburuk yang harus dihadapi. Akan tetapi jika hal tersebut menjadi solusi terbaik mau tidak mau tetap harus dilakukan.

Perlu kalian ingat, sebelum kalian benar-benar memutuskan untuk bercerai alangkah lebih baiknya jika kalian juga menyiapkan beberapa yang mendukung gugatan kalian.

Tak cukup itu saja, tetapi kalian juga harus mengetahui Berapa jumlah uang yang harus kalian bayarkan untuk cerai. Hal tersebut perlu kalian lakukan supaya mudah dalam mengurus proses perceraian yang sudah menjadi pilihan terbaik versi kalian.

Untuk itu bagi kalian yang sudah memantapkan hati untuk memilih solusi cerai atau menjadikan cerai sebagai solusi bersama, alangkah lebih baiknya kalian juga mengetahui cara mengurus surat cerai. Simak penjelasannya berikut ini.

1. Menyiapkan Dokumen yang Kalian Butuhkan

Untuk mengurus surat cerai, paling penting harus menyiapkan dokumen-dokumen penting yang nantinya kalian butuhkan. Adapun dokumen yang harus kalian siapkan untuk mempermudah proses perceraian kalian ada beberapa hal.

Pertama, kalian harus menyiapkan surat nikah asli. Surat nikah yang sudah di fotokopi, kartu tanda penduduk, dan surat penggugat. Bukan hanya itu saja akan tetapi juga harus ada surat keterangan dari kelurahan, fotokopi kartu keluarga, akte kelahiran (bagi sudah yang memiliki anak) juga materai.

Terlepas dari itu untuk kalian yang ingin berniat mengurus harta gono-gini, maka ada beberapa file yang juga harus siapkan. Misalnya adalah surat sertifikat tanah, sertifikat kendaraan BPKB dan STNK dan surat penting dan berharga lainnya.

Apabila beberapa dokumen yang sudah kalian siapkan untuk mengurus surat cerai lebih mudah masih ada yang kurang, maka bisa meminta bantuan kepada yang sudah berpengalaman.

2. Daftar Gugatan Cerai Ke Pengadilan Agama

Setelah mempersiapkan dokumen-dokumen penting yang akan mendukung proses perceraian kalian. Maka cara mengurus surat cerai yang bisa kalian lakukan selanjutnya adalah daftarkan gugatan ke Pengadilan Agama setempat.

Selain itu, kalian juga bisa mendaftarkan ke Pengadilan Negeri. Tetapi untuk mengurus surat cerai yang satu ini, ada hal penting yang harus kalian ingat. Daftarkan gugatan cerai tersebut ke pengadilan wilayah kediaman pihak gugat.

Sebagai contohnya, jika seorang istri ingin menggugat suami. Maka mendaftarkan gugatan cerai dilakukan ke pengadilan tempat suami tinggal. Begitu juga dengan sebaliknya.

3. Membuat Surat Gugatan Cerai

Kemudian setelah kalian tiba di pengadilan, cara mengurus surat cerai yang harus kalian lakukan adalah menuju pusat bantuan hukum yang ada di pengadilan. Untuk apa? Tujuannya supaya kalian bisa lebih mudah untuk membuat surat gugatan cerai.

Tak cukup itu saja, akan tetapi juga harus menyertakan apa alasan memilih cerai sebagai solusi rumah tangga kalian. Oh iya, tentunya alasan tersebut juga harus diterima oleh pihak pengadilan.

4. Menyiapkan Biaya untuk Cerai

Mengurus surat cerai yang selanjutnya adalah menyiapkan biaya perceraian. Perlu kalian ketahui, untuk biaya tersebut meliputi pendaftaran, materai, ATK (proses), redaksi dan panggilan sidang.

Semua total pembayaran tersebut ditanggungkan kepada pihak yang mengajukan gugatan cerai. Akan tetapi, jumlah yang harus dikeluarkan ketika proses cerai sedang berlangsung tergantung dari kedua belah pihak yang ingin cerai tersebut.

Apabila salah satu pihak tersebut tidak menanggapi surat pengadilan persidangan, maka biaya yang akan ditanggungkan kepada penggugat akan lebih banyak jumlahnya. Akan tetapi, kembali lagi dengan adanya aturan mengenai berapa kali ketidakhadiran, pihak yang bercerai.

Nah, supaya kalian tidak begitu banyak menanggung beban pembayaran, alangkah lebih baiknya jika mengkomunikasikan pilihan terakhir tersebut.

Apakah cerai benar-benar menjadi solusi bersama atau hanya salah satu pihak saja. Mengapa demikian? Karena biaya yang harus dikeluarkan untuk mengurus surat cerai tidaklah murah.

Pada Intinya, jangan sampai kalian menyesal karena sudah memilih cerai tetapi uang yang sudah kalian keluarkan juga sudah banyak. Ibarat peribahasa mengatakan, sudah jatuh tertimpa tangga.

5. Mengetahui Urutan dan Proses Persidangan

Setelah beberapa cara mengurus surat cerai tersebut terlaksana, nantinya kalian akan dipanggil untuk ke pengadilan menghadiri proses perceraian. Maka, kalian harus hadir. Alangkah lebih baiknya jika kedua belah pihak juga menghadirinya. Tujuannya adalah untuk mendapatkan mediasi.

Perlu kalian ketahui juga jika salah satu pihak tidak menghadiri proses persidangan tersebut, maka proses perceraian juga akan berlangsung sangat lama.

Walaupun begitu, jika sudah menjadi keputusan yang sangat bulat dan tidak bisa diganggu gugat, maka selanjutnya pihak pengadilan akan membacakan surat cerai. Selanjutnya, jika memang salah satu pihak tidak bisa hadir, maka pihak pengadilan akan mengirimkan surat yang berisikan tentang pemutusan sah antara suami dan istri.

Sedikit melelahkan memang mengurus surat cerai yang satu ini. Meskipun salah satu pihak tidak pernah menghadiri panggilan persidangan, proses gugatan cerai tetap akan berlangsung sampai pembacaan surat gugatan cerai.

Hingga pada akhirnya pengadilan akan mengirimkan surat pemutusan yang sah untuk suami istri tersebut. Bisa juga dikatakan pasangan suami istri tersebut sudah resmi bercerai.

Amar atau perintah tersebut kemudian akan dikirimkan kepada tergugat. Tujuannya adalah menjadi bukti bahwasanya pernikahan mereka sudah benar-benar berakhir.

Tetapi jika pihak tergugat tidak memberi tanggapan apapun mengenai surat atau perintah tersebut, pihak pengadilan memiliki kewajiban untuk membuat akta cerai.

6. Menyiapkan Saksi

Mengenai cara mengurus surat cerai yang selanjutnya adalah kalian harus memiliki atau menyiapkan saksi. Saksi tersebut seharusnya sudah menyiapkan bukti yang mendukung alasan kalian mengapa memilih cerai sebagai solusi terbaik. Tak hanya itu saja akan tetapi, saksi juga harus membela semua pengakuan atau pendapat kalian.

Nantinya saksi akan dihadirkan ketika proses sidang cerai sedang berlangsung. Bagi kalian yang sudah benar-benar bertekad untuk baterai, alangkah lebih baiknya jika kalian menyiapkan saksi yang benar-benar siap menjadi pendukung kalian untuk sukses melakukan proses cerai tersebut.

Pilihlah saksi yang berpengalaman dan ahli dalam menangani perceraian. Pasalnya hal tersebut akan membantu kalian untuk mempercepat proses sidang perceraian.

7. Kisaran Biaya untuk Cerai

Salah satu hal yang harus diperhatikan mengenai cara mengurus surat cerai adalah biaya atau budget yang harus kalian keluarkan. Biaya cerai yang merupakan biaya yang digunakan untuk menyewa jasa pengacara ketika cerai.

Sebenarnya profesi cerai tidak mempunyai harga baku standar. Akan tetapi semua pengacara memiliki harga yang berbeda-beda.

Salah satu faktor yang menjadi penimbang perbedaan harga tersebut adalah kompleks dan rumitnya kasus. Jika kasus yang dihadapi sangat rumit, maka jumlah uang yang harus kalian bayarkan juga sangat banyak.

Walaupun begitu, rata-rata biaya cerai yang berlaku di Indonesia adalah kisaran Rp 10.000.000 sampai dengan Rp 60.000.000. Jumlah tersebut juga sudah mencakup semua proses perceraian.

Berbeda dengan jumlah yang harus kalian bayarkan ketika kasus sampai ke pengadilan tinggi. Biaya tambahan yang harus kalian keluarkan adalah sekitar Rp 25.000.000. Tetapi jika kasus kalian sampai pada tingkat kasasi atau Mahkamah Agung, maka biaya tambahan yang harus kalian keluarkan adalah sekitar Rp 15.000.000.

8. Biaya untuk Cerai Talak

Perlu kalian ketahui mengenai cara mengurus surat cerai bagian biaya tentunya berbeda-beda. Terutama untuk cerai talak. Biaya cerai talak terbagi menjadi 6.

Biaya tersebut yakni pendaftaran, proses, panggilan pemohon, panggilan termohon, biaya redaksi juga biaya materai. Untuk total biaya yang harus dikeluarkan adalah sebanyak Rp 650.000.

Akan tetapi harus kalian ingat juga, bahwa setiap tempat memiliki kebijakan harga masing-masing. Jadi supaya proses kalian bisa berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan kalian maka lakukan cara mengurus surat cerai sesuai dengan urutannya.

Itulah ulasan yang dapat icinc.id sajikan untuk kalian semua yang sedang mencari pembahasan bagaimana cara mengurus surat cerai, semoga ulasan diatas bisa bermanfaat bagi semuanya. Terimakasih.