Cara Menghilangkan Iklan di Smartphone Android (Samsung)

Ponsel pintar telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita saat ini. Salah satu merek yang telah mengukuhkan posisinya dalam pasar ponsel adalah Samsung. Dengan berbagai seri ponsel yang canggih dan beragam, Samsung telah menjadi pilihan favorit banyak pengguna di seluruh dunia. Namun, seperti halnya kebanyakan ponsel lainnya, pengguna Samsung sering kali mengalami gangguan iklan yang muncul di layar perangkat mereka. Iklan-iklan tersebut dapat muncul saat sedang berselancar di internet, bermain game, atau bahkan di layar beranda.

Iklan yang tiba-tiba muncul tanpa izin seringkali menyebabkan frustrasi bagi para pengguna. Selain itu, iklan-iklan ini dapat mengganggu pengalaman penggunaan perangkat dan mengurangi performa ponsel. Namun, jangan khawatir! Terdapat beberapa cara yang bisa Anda coba untuk menghilangkan iklan-iklan tersebut dari ponsel Samsung Anda. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa Cara Menghilangkan Iklan di HP Samsung.

Sebelum kita mulai, penting untuk diingat bahwa beberapa aplikasi dan situs web sah menggunakan iklan sebagai cara untuk membiayai layanan mereka secara gratis. Namun, jika Anda merasa iklan-iklan ini berlebihan dan mengganggu, atau mungkin muncul dari aplikasi yang tidak diinginkan, ada langkah-langkah yang dapat diambil untuk mengatasi masalah ini.

  1. Perbarui Perangkat Lunak Salah satu langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan bahwa perangkat lunak ponsel Anda selalu diperbarui ke versi terbaru. Perbarui sistem operasi Android yang digunakan oleh ponsel Samsung Anda. Perbarui juga aplikasi-aplikasi yang diunduh dari Google Play Store. Pembaruan perangkat lunak ini umumnya termasuk perbaikan keamanan dan memperbarui fitur yang dapat membantu mengurangi iklan yang tidak diinginkan.
  2. Periksa dan Hapus Aplikasi yang Tidak Dikenal Beberapa iklan mungkin muncul karena aplikasi yang tidak diinginkan atau berbahaya telah diunduh ke ponsel Anda. Periksa daftar aplikasi yang terpasang di ponsel Samsung Anda dan identifikasi aplikasi yang tidak Anda kenal atau tidak Anda unduh. Jika Anda menemukan aplikasi yang mencurigakan, segera hapus dari perangkat Anda.
  3. Gunakan Pengaturan Privasi dan Keamanan Ponsel Samsung menyediakan berbagai pengaturan privasi dan keamanan yang dapat membantu Anda mengurangi iklan yang tidak diinginkan. Pergilah ke Pengaturan (Settings) -> Privasi (Privacy) -> Iklan (Ads). Di sini, Anda akan menemukan opsi untuk menonaktifkan minat iklan (interest-based ads) atau aturan iklan pribadi (personalized ad experience). Dengan mematikan opsi ini, iklan-iklan yang muncul cenderung lebih acak dan kurang relevan dengan minat Anda.
  4. Gunakan Mode Pengembang Ponsel Samsung juga menyediakan Mode Pengembang yang dapat diaktifkan dengan cara pergi ke Pengaturan (Settings) -> Tentang Ponsel (About Phone) -> Informasi Perangkat Lunak (Software Information) -> Tekan tujuh kali pada Nomor Bentukan (Build Number). Setelah Mode Pengembang diaktifkan, Anda akan memiliki akses ke pengaturan tambahan yang dapat membantu mengontrol iklan dan membatasi beberapa izin aplikasi yang mungkin berhubungan dengan iklan.
  5. Pasang Aplikasi Pemblokir Iklan (Ad Blocker) Terdapat banyak aplikasi pemblokir iklan yang tersedia di Google Play Store. Anda dapat mengunduh dan menginstal salah satunya untuk mengurangi jumlah iklan yang muncul saat berselancar di internet atau menggunakan aplikasi tertentu. Pastikan untuk membaca ulasan dan peringkat aplikasi sebelum mengunduhnya untuk memastikan kualitas dan kehandalannya.
  6. Periksa Izin Aplikasi Ketika Anda mengunduh dan menginstal aplikasi baru di ponsel Samsung, aplikasi tersebut mungkin meminta izin tertentu untuk mengakses data dan fungsi ponsel Anda. Periksa dengan seksama izin-izin yang diminta oleh setiap aplikasi dan pertimbangkan apakah aplikasi tersebut memang membutuhkan akses tersebut. Jika tidak, Anda dapat membatasi izin yang diberikan atau bahkan menghapus aplikasi tersebut jika perlu.
  7. Hindari Aplikasi Sumber Tidak Dikenal Hindari mengunduh aplikasi dari sumber yang tidak dikenal atau diluar Google Play Store. Pengunduhan dari sumber yang tidak resmi dapat meningkatkan risiko mengunduh aplikasi berbahaya atau mengandung iklan yang tidak diinginkan.
  8. Reset Pengiklanan Ponsel Android memiliki fitur “Reset Pengiklanan” yang mengatur ulang ID iklan perangkat Anda. Dengan mengatur ulang ID iklan, iklan yang dihadirkan ke perangkat Anda menjadi lebih acak dan tidak terkait dengan preferensi Anda sebelumnya. Anda dapat menemukan opsi ini di Pengaturan (Settings) -> Privasi (Privacy) -> Reset Iklan (Reset Advertisements).
  9. Periksa Pengaturan Browser Jika Anda seringkali menemukan iklan saat berselancar di internet, periksa pengaturan browser Anda. Pastikan untuk tidak mengaktifkan opsi seperti “Izinkan iklan yang tidak diinginkan” atau “Nonaktifkan pemblokiran iklan”. Sebaliknya, aktifkan fitur pemblokir iklan bawaan di browser Anda atau gunakan aplikasi pemblokir iklan tambahan seperti yang disebutkan di atas.
  10. Laporkan Aplikasi Bermasalah Jika Anda menemukan aplikasi di Google Play Store yang terlalu banyak mengganggu dengan iklan atau perilaku buruk lainnya, laporkan aplikasi tersebut ke Google. Ini membantu Google mengidentifikasi aplikasi yang melanggar kebijakan mereka dan memastikan lingkungan Play Store
Baca Juga  Cara Daftar EFIN

Itulah pembahasan terkait dengan cara menghilangkan iklan di hp android yang kami kutip dari teknokrad.com, selamat mencoba !