Cara Menggunakan Shopee PayLater

Ingin belanja di Shopee namun uang belum memadai? Jangan khawatir, kalian bisa simak tutorial cara menggunakan Shopee PayLater di bawah ini. PayLater memperbolehkan kalian belanja di Shopee dengan sistem bayar nanti. Kalian mungkin akrab menyebutnya berhutang.

Dengan PayLater ini kalian bebas menentukan bayaran hutang dengan sistem cicilan. Tak perlu ragu, aplikasi ini telah mendapat pengawasan OJK (Otoritas Jasa Keuangan), jadi sudah terjamin keamanannya.

Nah, untuk informasi detailnya silahkan baca dulu ulasan dibawah icinc.id ini, namun sebelum ke tutorial pembahasan cara menggunakan shopee PayLater kalian harus mengetahui tentang apa itu Shopee PayLater.

Shopee PayLater

Cara Menggunakan Shopee PayLater
Sumber : jalurnyaman.com

Fitur PayLater ini tentunya hadir memanjakan kalian para pengguna dengan pinjaman instan yang minim bunga. Kalian bisa mendapatkan pinjaman hingga Rp.750.000. Selain itu, menggunakan SPayLater ini juga tidak merumitkan proses aktivasinya. Daripada semakin penasaran, yuk simak ulasan yang telah Icinc rangkum berikut ini.

Cara Aktivasi Shopee PayLater

Sebelum membahas cara menggunakan Shopee PayLater, ada baiknya jika kalian paham dulu cara mengaktifkan Shopee PayLater terlebih dahulu. Sebagai terobosan baru dari Shopee kepada para pengguna, SPayLater ini tidaklah sama dengan ShopeePay.

Baca juga: Cara Beli Chip Ungu Higgs Domino

ShopeePay bisa diaktifkan secara otomatis oleh pengguna. Sedangkan SPayLater hanya bisa diakses oleh pengguna aktif aplikasi Shopee yang telah memenuhi syarat dan kriteria untuk menggunakan SPayLater. Untuk bisa menikmati fitur baru Shopee ini, syarat yang harus kalian penuhi adalah sebagai berikut:

  1. Akun Shopee sudah terdaftar dan terverifikasi
  2. Telah berusia 3 bulan akun Shopee tersebut
  3. Akun Shopee kerap digunakan untuk bertransaksi
  4. Shopee yang kalian gunakan harus merupakan aplikasi updatean terbaru

Setelah berhasil memenuhi kriteria tersebut, kalian bisa melakukan aktivasi. Berikut ini adalah langkah-langkah mengaktifkan Shopee PayLater secara umum:

  1. Buka aplikasi PayLater dan klik menu saya.
  2. Kemudian klik menu Shopee PayLater.
  3. Pilih menu Aktifkan Shopee PayLater Sekarang.
  4. Masukan Kode Verifikasi dengan kode yang sudah dikirim ke nomor kalian. Usahakan tidak memberitahu kode verifikasi ini kepada pihak lain termasuk pihak Shopee PayLater.
  5. Selanjutnya silahkan mengunggah foto KTP.
  6. Kalian bisa memasukkan Nama dan NIK lalu pilih menu Konfirmasi. Gunakan KTP yang telah terdaftar di akun Shopee untuk proses aktivasi ini.
  7. Masukan Data Diri Tambahan dan klik menu Konfirmasi.
  8. Langkah berikutnya adalah melakukan Verifikasi Wajah.
  9. Apabila sudah selesai, kalian akan mendapat pemberitahuan apabila SPayLater sedang memproses.
  10. Ketika permintaan aktivasi sukses, akan muncul notifikasi bahwa kalian telah berhasil mengaktifkan Shopee PayLater.

Jika berhasil pengajuan kalian mengaktifkan SPayLater, kalian bisa memulai transaksi pembelian dengan SPayLater sebagai metode pembayaran. Shopee PayLater akan tertera otomatis di bagian metode pembayaran apabila pengajuan penggunaan telah disetujui.

Apa Saja Keuntungan Menggunakan Shopee PayLater?

Rasanya tidak lengkap jika membahas cara menggunakan Shopee PayLater namun mengulik keuntungan yang disuguhkan. Ya, tentunya Shopee tidak akan menawarkan fitur yang tidak mengandung untung di dalamnya.

Daripada ribet bin repot membuat kartu kredit, pilihan yang satu ini bisa menjadi solusi buat kalian yang ingin membeli barang tapi dompet kering kerontang. Beberapa manfaat di bawah ini bisa menjadi pertimbangan juga mengapa harus mengaktifkan Shopee PayLater.

  1. Pinjaman dana instan dengan bunga yang sangat minim, yakni 2.95%.
  2. Limit kredit sesuai dengan transaksi yang telah kalian lakukan selama berlangganan Shopee. Mulai dari 750 ribu sampai 1 jutaan.
  3. Kalian bisa mengatur angsuran sesuai kemampuan dan keinginan tentunya.

Bagaimana? Cukup menggiurkan bukan keuntungan yang dijanjikan?

Cara Menggunakan Shopee PayLater

Setelah kalian berhasil melakukan aktivasi, tentunya kalian tak sabar lagi ingin melakukan transaksi pembelian dengan mencoba metode pembayaran Shopee PayLater ini.

Baca juga: Shopee28 com

Bertransaksi dengan cara menggunakan Shopee PayLater ini tidak rumit, kok. Simak langkah-langkah di bawah ini agar rasa penasaran kalian musnah.

  1. Buka aplikasi Shopee di smartphone kalian, lalu cari dan pilih produk yang kalian butuhkan. Untuk bisa menggunakan Shopee PayLater, carilah produk yang harganya berada di bawah limit.
  2. Klik beli sekarang, kemudian isilah data detail pemesanan. Detail pemesanan ini mencakup alamat tujuan dan kurir untuk pengiriman. Selanjutnya langsung pilih metode pembayaran.
  3. Pilih Shopee PayLater sebagai alat pembayaran. Kalian bisa menentukan pilih Beli sekarang bayar nanti atau menggunakan metode angsuran dengan cicilan bisa 2x, 3x, atau 6x. Klik konfirmasi untuk langkah selanjutnya.
  4. Jika sudah, cek kembali pesanan kalian. Kalian bisa juga memasukkan kode promo jika ada, sebelum melanjutkan membuat pesanan.
  5. Masukan kode verifikasi atau password yang pernah dikirim ke nomor telepon kalian yang terdaftar di Shopee Paylater.
  6. Pesanan akan terkonfirmasi secara otomatis dan akan segera diteruskan ke penjual. Karena sudah terbayarkan, kalian tinggal menunggu pesanan datang.
  7. Saat konfirmasi pesanan usai, kalian bisa mulai mengangsur Shopee PayLater.

Jangan lupa, apabila kalian menggunakan metode pembayaran SPayLater, kalian akan dibebani biaya penanganan sebesar 1% di setiap transaksi. Untuk tagihan akan tiba setiap:

  1. Tanggal 25, maka pembayaran paling lambat adalah tanggal 5.
  2. Apabila tanggal 1, artinya pembayaran paling lambat jatuh pada tanggal 1.
  3. Opsi terakhir, Tanggal 15, maka cicilan perlu dibayarkan paling lambat tanggal 25.

Cara Menggunakan Shopee PayLater Apabila Limit Tidak Memadai

Perlu kalian tahu, SPayLater itu mempunyai limit berbeda di masing-masing akun. Limit yang tersedia tentu bisa kalian pakai berkali-kali tanpa bahkan tanpa sisa.

Lantas bagaimana jika limit tidak mencukupi namun tetap ingin menggunakan limit sisa di Shopee? Jika menemui masalah demikian, kalian bisa menggabungnya dengan metode pembayaran lain. Seperti ini langkah-langkahnya:

  1. Klik Metode pembayaran kemudian pilih Shopee PayLater dan konfirmasi.
  2. Buat pesanan
  3. Saat akan menggabungkan metode pembayaran, pilih metode pembayaran lain yang tertera. Mungkin bisa pilih ShopeePay, Indomaret, atau bisa juga Virtual Account. Selanjutnya klik konfirmasi. Penting untuk diingat untuk jumlah pembayaran Indomaret minimal 20 ribu sedangkan Virtual Account adalah 10 ribu.
  4. Lalu, untuk mengkonfirmasi pembayaran SPayLater, silahkan masukan pin ShopeePay.
  5. Sedangkan untuk pembayaran yang lain, kalian bisa mengklik OK untuk pembayaran via Indomaret dan Virtual Account, serta masukkan pin untuk ShopeePay.
  6. Setelah selesai mengkonfirmasi dua metode pembayaran, maka otomatis pesanan sudah terbayarkan dan kalian tinggal menunggu pesanan.
  7. Tagihan bisa kalian bayarkan setelah pesanan terkonfirmasi. Ingat, pembayaran paling lambat adalah tanggal 5, 11, atau 25 bulan selanjutnya sesuai tanggal jatuh tempo.

Cara Membayar Tagihan Shopee PayLater

Buat kalian yang menggunakan metode pembayaran dengan Shopee PayLater pastinya akan ada tagihan di setiap bulan. Untuk langkah pembayaran tagihannya, seperti berikut ini:

  1. Bukalah akun Shopee kalian, lalu pilih menu Saya dan klik Shopee PayLater.
  2. Klik Tagihan Saya dan pilih tagihan yang akan kalian bayar. Setelah itu kalian bisa klik Lunasi Cicilan Sekarang.
  3. Pilih metode pembayaran. Bisa via ShopeePay, Indomaret, atau virtual Account.
  4. 1 x 24 jam adalah waktu paling lambat untuk konfirmasi terbayarkan pesanan kalian.

Baca juga: Foto Profil Wa Aesthetic

Jika Terlambat Membayar Shopee PayLater

Cara menggunakan Shopee PayLater barangkali terbilang mudah, namun akan ada konsekuensi jika pembayaran tagihan kalian tak terarah. Keterlambatan pembayaran tagihan bisa berakibat pada pembekuan akun Shopee.

Selain itu bisa juga dengan penggunaan voucher Shopee, denda 5% dari total tagihan, tercatat di Sistem Layanan Informasi Keuangan OJK, dan penagihan lapangan (field collector).

Bagaimana, tidak merumitkan bukan cara menggunakan Shopee PayLater itu? Ini bisa menjadi alternatif kalian yang bermasalah pada keuangan namun terdesak kebutuhan. Namun, jangan kebablasan apalagi tidak membayar tagihan lho, ya. Shopee punya konsekuensi jika kalian beralih aturan.