Cara Menggunakan Reels Instagram

Baru-baru ini Instagram telah merilis fitur baru yaitu Instagram Music dan Instagram Reel. Terdapat berbagai macam cara menggunakan Reels Instagram ini, yang kini baru menjadi pembicaraan hangat bagi generasi milenial.

Instagram merupakan sebuah aplikasi berbagi foto serta video. Foto ataupun video tersebut, pada nantinya pengguna akan membagikan ke berbagai jejaring sosial yang terhubung dengan Instagram, seperti Facebook dan lain-lain.

Lahir pada bulan Oktober tahun 2010 yang lalu dan telah berusia hampir sebelas tahun lamanya membuat Instagram terus bertumbuh, dan melakukan berbagai macam pembaharuan. Sehingga aplikasi yang mayoritas penggunanya adalah kalangan milenial ini terus mengalami peningkatan kecanggihan.

Cara Menggunakan Reels Instagram

Cara Menggunakan Reels Instagram, Fitur Tambahan Yang Baru Saja Rilis
pixabay.com

Selain menghadirkan fitur Music dengan lirik, Instagram baru-baru ini membawa Reels untuk para pecintanya di Indonesia. Reels sendiri merupakan fitur yang dapat pengguna gunakan sebagai fitur perekam sekaligus penyunting video pendek berdurasi kurang lebih 15 detik.

Fitur Reels yang resmi rilis pada 23 Juni lalu ini kini tengah menjadi buah bibir para pengguna Instagram di Indonesia. Dengan menggunakan Reels, pengguna dapat membuat konten video yang memiliki iringan seperti musik, efek, tingkat kecepatan yang dapat kalian atur secara langsung.

Cara menggunakan Reels Instagram, terbilang cukup mudah. Cara mengaktifkannya cukup dengan mengunduh aplikasi Instagram, jika sebelumnya tidak memiliki aplikasi ini di ponsel kalian.

Jika sudah, kalian hanya perlu mengupdate aplikasi Instagram yang lama ke aplikasi terbaru sehingga dapat kalian nikmati fitur terbaru yang hadir baru-baru ini tersebut. Ingin penghasilan tambahan silahkan baca cara mendapatkan uang di tiktok.

Update Instagram melalui toko aplikasi Google Play bagi kalian yang menggunakan ponsel Android serta Appstore jika menggunakan ponsel iOS. Berikut ini cara menggunakan Reels Instagram yang dapat membantu kalian menggunakannya.

Langkah Cara Menggunakan Reels Instagram

  1. Pastikan aplikasi Instagram sudah terupdate ke dalam versi paling baru dari Instagram. Buka setelah Instagram terupdate, lalu di antara ikon “Search” dan “Shop” pada halaman utama akan muncul ikon Reels.
  2. Jika kalian membuka fitur Story, ikon Reels akan muncul pada bagian bawah layar berdampingan dengan fitur “Post”, “Story”, juga “Live.” Gunakan Reels hanya dengan mengklik ikon yang berbentuk movie clip pada bagian tengah bawah layar.
  3.  Cara menggunakan Reels Instagram yang selanjutnya adalah dengan mengklik ikon kamera. Kalian tinggal        memilih opsi apakah ingin mengambil foto ataupun merekam video.
  4. Hal yang perlu untuk kalian perhatikan adalah jika ingin merekam video menggunakan fitur kamera Instagram, maka pilihlah konsep video seperti dengan menggunakan layout, menyetel timer, mengatur kecepatan, serta kelambatan pada video tersebut.
  5. Setelah terpilih video mana yang ingin kalian gunakan, selanjutnya dapat memotong klip video sesuai dengan durasi yang ingin kalian pakai.
  6. Kemudian, kalian dapat menambah filter, efek, stiker, teks, sampai dengan lagu yang tersedia pada kolom musik. Kalian juga dapat mengunggah lagu dari media penyimpanan ponsel. Bahkan merekam audio secara langsung dengan menggunakan menu record yang tersedia.
  7. Terdapat pengaturan untuk mengatur besar kecilnya teks yang ingin kalian sisipkan. Lalu yang terakhir, kalian dapat mengatur volume lagu, suara, serta mematikan suaranya dengan menekan ikon mikrofon untuk melakukan mute audio.

Mudah bukan cara penggunaan Reels Instagram ini?

Baca juga: Ikoy Ikoy Instagram

Persamaan dan Perbedaan Instagram Reels dengan TikTok

Seperti yang kita ketahui bersama, aplikasi TikTok merupakan sebuah jaringan sosial video musik yang berasal dari Tiongkok. TikTok sendiri resmi rilis pada September 2016 lalu oleh Zhang Yiming, yang juga merupakan pendiri Toutiao.

Sekilas, Instagram Reels dan TikTok memiliki kemiripan yang banyak. Namun, terdapat beberapa perbedaan di antara keduanya seperti durasi waktu, serta konten yang keduanya tawarkan.

Tab Khusus

Sama- sama memiliki tab khusus untuk menampilkan kumpulan video. Setelah mengetahui cara menggunakan Reels Instagram kini mengetahui bahwa TikTok dan Instagram Reels memiliki beragam kesamaan.

Antara lain tab yang berisi kumpulan video pendek ini. Pada tampilan antar muka di Reels Instagram, memiliki gaya yang hampir sama seperti “For Your Page” pada aplikasi TikTok. Simak ini juga yang pengin siaran langsung di tiktok.

Selain itu, sama halnya dengan FYP pada aplikasi TikTok, pada Instagram Reels pengguna hanya tinggal swipe up untuk melihat konten video dari pengguna lain, serta mengusap layar ke bawah jika ingin melihat konten yang telah sebelumnya kalian lihat.

Tab ini pun muncul pada halaman pertama saat pengguna membuka fitur Reels Instagram. Konten yang telah selesai diunggah juga dapat memiliki komentar dari pengguna lain, seperti halnya video pada TikTok. Selain itu, pengguna juga dapat menyimpan hingga meneruskannya kepada pengguna lain.

Letak Foto Profil dan Tab

Perbedaan dari cara menggunakan Reels Instagram  dan TikTok ialah foto profil pembuat konten terletak di bagian bawah kanan. Sementara untuk pembuat konten pada TikTok, berada di bagian atas tombol likes.

Memiliki tampilan tab yang berbeda. Berbeda dengan TikTok, susunan pada Reel Instagram terdiri dari Home, Search, Shop, dan Profil. Sementara pada saat membukanya, Instagram Reels akan langsung menyuguhkan konten video pendek pada tab khusus. Jika di Tiktok, maka akan langsung memunculkan preview video pada halaman FYP.

Warna dan Tools

Perbedaan pada warna aplikasi ini juga sangat berbeda. Instagram Reels mengusung tema warna yang terang, yakni White. Sementara TikTok lebih memilih nuansa gelap yang mendominasi. Tools juga bervariasi. Sama-sama menyuguhkan tools yang banyak serta bervariasi sehingga membuat kedua aplikasi ini tidak kalah menariknya.

Dengan begitu, kalian dapat mengedit video secara maksimal meskipun hanya menggunakan ponsel. Cara menggunakan Reels Instagram pun sama mudahnya dengan TikTok, sehingga tidak perlu kebingungan.

Video editor yang serupa tapi tak sama. Pada Instagram Reels, terdapat beberapa tools yaitu Audio Controls, Voice Over, Filters, Stickers, Brush, serta Text. Sementara pada TikTok, memiliki Filters, Voice Effect, Voice Over, Trim, Volume, Sounds, Effect, Text, sampai Sticker. Hal ini membuat keduanya memiliki susunan tools editing yang berbeda.

Duet

Sama-sama bisa duet dengan pengguna lain. Kedua aplikasi ini memiliki fitur yang memungkinkan penggunanya dapat dengan mudah berkolaborasi dalam menciptakan sebuah konten. Fitur tersebut mempunyai nama “Duet” Bagi aplikasi TikTok dan “Remix This Reels” pada aplikasi Instagram Reels.

Memiliki kegunaan yang sama, yaitu dapat menggabungkan video menjadi satu konten yang sama. Apabila kalian membagikannya pada Instagram Stories, video Reels ini dapat bertahan hanya selama 24 jam dan akan menghilang setelahnya.

Namun, apabila kalian mengunggahnya di Feed Instagram, maka video tersebut tetap akan terpampang di halaman profil pengguna, sama halnya jika mengunggah sebuah foto ataupun konten IGTV. Cara menggunakan Reels Instagram pun tidak jauh berbeda dengan menggunakan aplikasi lainnya, seperti TikTok dan sejenisnya.

Baca juga: Aplikasi Penghasil Saldo Dana

Setiap aplikasi tentunya memiliki dampak positif serta negatif bagi para penggunanya. Usahakan untuk bijak serta tidak terlalu melampaui batas dalam menggunakannya. Semua aplikasi memiliki dampak yang buruk jika kalian gunakan secara berlebihan dan tidak kenal waktu.