Setelah Apple Cs, Kapitalisasi Pasar Nvidia Mencapai Hampir $1 Triliun

Jakarta Saham pembuat chip Nvidia melonjak 26% kemarin pada perdagangan Kamis 26 Mei.

Lonjakan saham Nvidia telah membawa kapitalisasi pasarnya menjadi hampir $1 triliun, atau lebih tepatnya, sekitar $950 miliar.

Dengan kapitalisasi pasar yang begitu besar, Nvidia akan menjadi perusahaan AS kelima yang diperdagangkan secara publik yang saat ini bernilai sekitar $1 triliun.

Apple telah melampaui kapitalisasi pasar $1 triliun pada tahun 2018. Diikuti oleh Microsoft, Alphabet dan Amazon.

Pengumuman CNBC, Jumat (26 Mei 2023), setelah mengutip permintaan prosesor grafis yang menggerakkan aplikasi AI seperti pembuat ChatGPT Google dan Microsoft, semuanya melaporkan pendapatan setelah memproyeksikan $11 miliar pada kuartal kedua tahun fiskal 2024. Semua mata tertuju pada Nvidia. OpenAI.

Saham perusahaan sudah naik 108% tahun ini. Prakiraan penjualan Nvidia yang luar biasa, lebih dari 50% lebih tinggi dari prediksi analis $7,15 miliar untuk kuartal tersebut, mengangkat kapitalisasi pasar hampir dalam semalam.

Vivek Arya dari Bank of America mengatakan perkiraan peningkatan kuartalan Nvidia saat ini adalah yang terbesar yang pernah dilihat. Arya dan beberapa analis lainnya menaikkan target harga saham Nvidia pada Kamis.

Stok produk semikonduktor dan AI lainnya mengikuti jejak Nvidia.

Advanced Micro Devices dan Semiconductors Taiwan masing-masing naik 11,1% dan 12%.

VanEck Semiconductor ETF naik 8,6% ke level tertinggi dari tahun ke tahun. Saham Alphabet dan Microsoft masing-masing naik 2,1% dan 3,9%.

Baca Juga  Membangun Strategi Konten yang Efektif Bersama Jasa Admin Sosmed