Mutualan IG, Tiktok, Telegram

3 min read

Istilah mutualan IG, TikTok, Telegram artinya tidak banyak orang yang tau. Hanya segelintir orang yang sering bersosial media saja memahami istilah tersebut. Sedangkan lainnya merasa bingung dan seperti baru terjun ke dunia sosial media.

Membahas tentang sosial media, penggunaannya di masa pendemi ini semakin meningkat. Tidak sedikit pula berbagai aplikasi baru muncul dan menarik perhatian para pengguna smartphone. Dengan begitu maka semakin banyak orang yang tidak paham dengan istilah satu ini.

Usut punya usut, ternyata bermutalan atau mutual bukanlah bahasa baru dalam tatanan bahasa indonesia. Itu hanyalah sebutan atau bahasa gaul yang sudah muncul beberapa waktu silam. Jadi bukan kata yang baru sekali muncul, melainkan jarang terdengar.

Mari kita lihat penjelasan di bawah ini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai istilah mutualan lebih lanjut.

Mutualan IG, TikTok, Telegram Artinya Apa?

mutualan IG, TikTok, Telegram artinya

Pembahasan tentang mutualan ini perlu dimulai dari arti per katanya terlebih dahulu. Mutulan itu sendiri memiliki arti saling, sama, menguntungkan, balas – membalas, atau timbal balik.

Berdasarkan pengertian tersebut, mutulan di sosial media seperti Twitter, Instagram, TikTok, ataupun Telegram mengartikan bahwa kalian saling mengikutik akun satu sama lain.

Biasanya istilah ini digunakan pada aplikasi dengan penyebutan “follow” pada fitur mengikuti pengguna lainnya. Misal seperti Instagram, Twitter, atau TikTok, namun penyebutan ini paling sering digunakan oleh pengguna Twitter.

Tujuan Mutualan

mutualan IG, TikTok, Telegram artinya

Jika mutualan IG, TikTok, Telegram artinya sudah kalian ketahui dengan baik, maka kini saatnya untuk mengetahui tujuannya. Mungkin kalian penasaran atau masih tidak memahami tujuan dari istilah tersebut.

Tujuan dari bermutualan ialah menambah teman di jejaring sosial media. Dengan begitu akan semakin banyak orang yang melihat status atau konten di sosial media kalian. Kalian juga akan mendapatkan banyak kenalan baru dan kelak bisa bertemu secara langsung.

Selain itu, keuntungan bermutualan untuk kalian ialah bisa mendapatkan update terbaru mengenai kabar mutual melalui statusnya. Jadi kalian dan pengguna lain bisa saling berteman dan mengetahui kabar atau status dari satu sama lain.

Namun walaupun konsepnya berteman, kalian tidak bisa berharap bermutualan dengan artis atau influencer ya. Hal itu sudah pasti sulit atau bahkan mustahil untuk terjadi, jika pun kalian mengalami maka kalian adalah orang yang beruntung.

Mutualan IG, Tiktok, Telegram Artinya Sudah Paham, Bagaimana Contohnya?

Sebenarnya mutualan di sosial media sudah cukup sering dilakukan oleh banyak penggunanya. Namun jika kalian bingung tentang contoh atau bagaimana cara melakukannya, kalian bisa mencoba contoh berikut.

Contoh mutualan yang paling sering terjadi ialah seperti “hay, mutualan di ig yuk!”, bisa juga seperti “mutualan yuk kak! Aku udah follow kamu ya”, atau “kamu udah follow aku belum? Kita saling mutualan yuk!”

Bermutualan juga bisa dilakukan dengan cara sesederhana meminta followback atau mengikuti balik. Cukup mudah dilakukan bukan? Tidak ada syarat lainnya selain saling memfollow akun satu sama lain, jadi pastinya kalian bisa menemukan teman lebih banyak.

Berhubungan dengan syarat mutualan, ada satu hal yang harus kalian ingat selalu. Mutualan hanya bisa terjadi atas dasar keinginan kedua belah pihak. Sama seperti berteman pada umumnya, kalian tidak bisa memaksa orang lain memfollow balik.

Dimana Saja mutualan IG, TikTok, Telegram artinya Bisa Dilakukan?

Pada dasarnya, mutualan IG, TikTok, Telegram artinya adalah berteman sehingga kalian bisa bermutualan dimana saja. Tidak hanya melalui media sosial namun juga bisa di dunia nyata. Tapi kata yang digunakan untuk berteman di dunia nyata tentu bukanlah mutualan ya.

Untuk di sosial media, kalian bisa bermutualan di mana pun. Tidak terpaku pada sosial media dengan penyebutan “follow” untuk fitur mengikutinya saja ya. Apapun sosial medianya, berteman dengan banyak orang tetap akan menyenangkan.

Ketika kalian mutualan IG, TikTok, Telegram artinya berteman dengan orang baru, pastikan bahwa kalian mengikuti balik orang tersebut ya. Jika hanya ia yang memfollow kalian maka itu namanya bukan mutualan, hanya mengikuti salah satu pengguna.

Cara Agar Aman mutualan IG, TikTok, Telegram artinya

Mutualan IG, TikTok, Telegram artinya memang berteman, dengan siapa saja tanpa pkalianng bulu. Namun hal itu tidak menjadikan kalian asal dalam menerima mutualan orang lain.

Dalam bersosial media, kalian tetap harus berada dalam zona aman. Sebelum bermutualan dengan orang, kalian bisa mengecek akun sosial medianya terlebih dahulu. Apakah ada yang aneh atau mungkin saja statusnya tidak sejalan dengan pikiran kalian.

Hal ini dilakukan agar suatu saat nanti tidak terjadi masalah. Misalnya seperti kasus penguntit, pencemaran nama baik, atau sekedar tidak nyaman bersosial media. Daripada kalian menerima resiko mengalami hal – hal seperti itu, ada baiknya untuk mencegah.

Sayangnya tips bermutualan aman tersebut tidak disadari oleh banyak orang. Hanya beberapa saja yang peduli dengan keamanan akun dan dirinya. Kalian harus melakukan tips tersebut tiap kali ingin bermutualan ya.

Cara Menarik Banyak Orang Untuk Bermutualan

Mutualan IG, TikTok, Telegram artinya berteman dengan siapapun, namun bagaimana bila tidak ada yang tertarik dengan akun kalian? Jika demikian maka tidak ada yang ingin bermutualan dengan kalian.

Agar kalian bisa mendapatkan teman baru melalui mutualan di sosial media, akun kalian harus memiliki konten menarik. Tidak perlu seperti para influencer yang memiliki feeds rapi dan fotografer pribadi.

Menarik perhatian mutualan IG, TikTok, Telegram artinya bisa kalian lakukan dengan membagikan banyak hal tentang keseharian ke sosial media secara lebih menarik. Misalnya melalui pengeditan video yang sedemikian rupa sehingga menarik perhatian banyak orang.

Salah satu tips konten menarik ialah yang berhubungan erat dengan orang banyak atau tidak hanya dirasakan oleh kalian seorang. Misalnya seperti rasa kesal ketika ditinggal pasangan bermain game, kalian bisa menyampaikan hal menarik itu ke sosial media untuk menarik pengguna lain dan bermutualan.

Cara Aman Mutualan Di Telegram

mutualan IG, TikTok, Telegram artinya

Pada dasarnya, telegram merupakan aplikasi chatting sama seperti whatsapp atau line. Namun dengan adanya grup yang bebas dimasuki oleh siapa saja maka timbulah istilah mutualan di aplikasi tersebut.

Jika kalian bermutualan di telegram, kalian tidak bisa mengecek latar beakang pengguna lain. Hal tersebut dikarenakan tidak adanya fitur berkalian ataupun unggahan status. Maka kalian perlu mengecek akun pengguna tersebut melalui sosial media lain.

Untuk pertama, jangan langsung menyimpan nomor atau kontak telegram pengguna lain. Kalian bisa berbasa – basi menanyakan sosial media lainnya yang ia miliki. Kemudian kalian mengecek sebagaimana yang telah kami jelaskan sebelumnya.

Jika kalian tidak ingin bermutualan dengan orang tersebut maka bisa jelaskan secara perlahan atau semudah tidak menyimpan nomornya saja.

Demikian informasi tentang mutualan IG, TikTok, Telegram artinya yang tidak diketahui oleh banyak orang. Kalian bisa mengunjungi ICINC.ID untuk mengetahui informasi tentang sosial media, game, atau aplikasi smartphone lainnya.

Harga Emas Hari Ini

Yetfi Pujiastuti
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *